Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Unggulan dan Pembiasaan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya


PROGRAM UNGGULAN


40% Entrepreneur Base Curiculum
SMA Muhammadiyah 9 Surabaya adalah sekolah berbasis entrepreneur. Untuk menunjang basis tersebut maka sekolah kami menyajikan 40% berbasis entreprenur, mulai dari mata pelajaran prakarya, kewirausahaan, dan pratik ektrakurekuler berbasis entrepreneur dengan tiga bidang yaitu; garmen, kuliner, dan handicraf

On The Job Training
Untuk menunjang penguasaan terhadap jiwa entrepreneur maka di kelas XI akan dibina dalam kegiatan OJT (on the job training) yaitu kegiatan praktik magang ke berbagai toko, perusahaan, rumah sakit, dan instansi lainnya. Sejak saat ini sekolah kami sudah bekerja sama dengan isntansi perpajakan, toko tiga bola, toko toga mas, perusahaan di bukut golf, dan lain sebagainya.

Entrepreneur Talk
Untuk menunjang lebih banyak wawasan terhadap entrepreneur, peserta didik juga disajikan workshop atau pelatihan dengan pemateri yang memiliki kompeten dibidangnya, seperti PT. Graha Alam Sempurna tentang pupuk organik.

Budaya Literasi
Membaca adalah jendela ilmu pengetahuan, untuk itu sekolah kami juga mewajibkan membaca kurang lebih 5 menit setiap harinya untuk membudayakan peserta didik suka membaca, menulis, dan berdiskusi.

Study Wisata
Selain OJT, Workshop atau pelatihan, kami juga memberikan wawasan peserta didik kami terkait entrepreneur dengan berkunjung ke perusahaan-perusahaan terkenal seperti Yakult, Pocarisweet, Kaboki, dan lain sebagainya dengan tujuan memberikan wawsan secara langsung dan mengupgrad ilmu pengetahuan mereka terkait management dalam berwirausaha dan memotivasi mereka. Disamping study wisata terkait entrepreneur, khusus kelas XII kami juga study ke berbagai perguruan tinggi untuk memotivasi mereka untuk terus menuntut ilmu.

Pameran Produk Siswa
Setiap Semester, kami mengadakan pameran produk hasil karya peserta didik dengan tujuan orang tua wali dapat melihat hasil karya anaknya secara langsung dan perkembangannya terkait entrepreneur. Selain itu, kami juga praktik entrepreneur ke Taman Bungkul 2 Minggu sekali.

PROGRAM PEMBIASAAN


Shalat Dhuha
Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan di pagi hari, boleh dikerjakan 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, 8 rakaat dan juga 10 rakaat. Shalat dhuha secara umum adalah shalat sunnah untuk mempermudah memperoleh rezeki, sebagaimana do'a shalat dhuha sendiri setiap do'anya terkait dengan rezeki baik itu agar dimudahkan, discucikan dan lain sebagainya. Untuk itu disekolah kami membiasakan peserta didik untuk shalat sunnah dhuha, sealin tujuan tersebut juga agar mereka terbiasa untuk menjalankan shalat sunnah selain shalat dhuha seperti shalat tahajut, shalat sunnah rawatib dan lain sebagainya.

Tadarus al-Qur'an
al-Qur'an adalah firman Allah yang diwayuhkan oleh Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Setiap mulsim jika membaca al-Qur'an dinilai sebagai ibadah, dan memperoleh pahala yang luar biasa terutama di bulan Ramadhan. Untuk itu, kemi membiasakan peserta didik dengan tadarus al-Qur'an setiap pagi setelah shalat dhuha.

Shalat Dzuhur & Ashar berjamaah
Shalat jama'ah adalah lebih utama dari pada shalat sendiri dengan pahala 27 derajat. Sebagai umat Islam kita harus senantiasa shalat berjamaah dimasjid, untuk itu kami juga membiasakan peserta didik dengan shalat berjama'ah diwaktu dhuhur dan ashar agar mereka ketika dirumah membiasakan diri mereka berjama'ah ketika berada lingkungan rumah.

Kultum Bilingual
Bahasa merupakan alat komunikasi antar manusia, bangsa dan negera. Secara umum bahasa Arab dan Inggris adalah bahasa internasional yang sering digunakan oleh masayarakat dunia. Untuk itu dengan membiasakan kultum bahasa Arab dan bahasa Inggris yang dilaksanakan setelah shalat ashar diahrapkan mereka menguasai bilingual dengan baik dan lancar dan tidak canggung beribacara dikhalayak umum.

Baca Tulis al-Qur'an
Selain pembiasaan tadarus al-Qur'an kami juga membiasakan mereka untuk mentahsin bacaan peserta didik yang kurang baik agar lebih baik dengan program BTQ yang dilaksanakan setiap minggu sekali.

Hafalan Do'a Sehari-hari
Kami juga membiasakan peaserta didik dengan menghafal do'a yang sering mereka lakukan, baik itu do'a didalam shalat wajib, shalat jenazah, haji dan umrah, do'a setelah shalat dhuha, do'a masuk-keluar masjid, do'a sebelum belajar, dan lain sebagainya.
Surabaya,






Ok
Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wiyung

SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA

Jl. Gogor IV No.11-12, Jajar Tunggal, Kec. Wiyung, Kota SBY, Jawa Timur 60229, Telp. 031 766 3009